Ada berbagai macam tipe orang di dunia ini. Dua diantaranya adalah mereka yang lebih ke self-motivated, dan mereka yang lebih ke non-self-motivated.

Kalau kamu ngeh, kedua tipe tadi berhubungan banget sama hari Senin ini; Senin pertama setelah liburan. Tapi jangan khawatir sama yang pertama, karena mereka bisa tiba-tiba normal seperti robot. Tapi kira-kira, gimana dengan tipe kedua?

Semangat kerja berkurang itu wajar banget. Karena kalau ditarik ke belakang, udah lebih dari seminggu mereka dibiasakan dengan kondisi task-free. Jadi, it’s all about how to get them back to the life they have chosen.

Coba lakuin ini ke tim (atau request 4 hal ini ke leader kamu):

  1. Jadi contoh

Sebagai pemimpin, pasti ada sebagian dari tim yang menuntut kamu buat memberikan contoh. Di situasi-situasi tertentu seperti minggu pertama di kantor ini, mereka yang non-self-motivated secara tidak sadar sebetulnya menunggu kamu buat menginspirasi mereka.

Coba tunjukkin ke tim kalau kamu itu anti mager. Jangan ngeluh, bahkan jangan nguap sekalipun kalau bisa. Kalau bisa ya. Pokoknya, jangan sampai malah kamu justru yang gak bersemangat.

  1. Beri kejutan

Bukan kejutan kado ya! Tapi lebih ke kegiatan yang seru, yang bisa membuat suasana kantor gak lesu.

Coba inget-inget lagi, apa sih yang orang suka lakuin kalau udah lama gak bertemu? Ngobrol? Nah, mungkin kamu bisa ajak tim buat ngobrol-ngobrol di foodcourt tentang liburan mereka atau tentang apapun diluar kerjaan.

Cara lainnya, kamu bisa beli gorengan. Jangan anggap sepele the power of gorengan, lho! Karena lagi ada banyak gorengan di kantor, haramkan tim untuk bekerja selama 10 menit dan wajibkan mereka buat makan gorengan bareng-bareng.

  1. Ganti suasana

Setelah seminggu lebih terbiasa dengan suasana yang santai, tiba-tiba ketemu suasana yang kerja kadang membuat sebagian orang ‘kaget’. Di situasi ini, kamu bisa coba untuk mengganti suasana kerja. Coba ajak tim buat kerja di tempat lain selain meja mereka. Misalnya di pantry, foodcourt, atau malah di café.

  1. Beri kelonggaran

Masih karena terbiasa santai selama liburan, akhirnya phase kerja yang cepet banget kadang bisa bikin mood makin bergejolak. Deadline yang bertubi-tubi justru bisa memicu stress dan akhirnya kerjaan bisa gak selesai!

Coba kasih tim kelonggaran. Seenggaknya, anggap hari pertama dan kedua sebagai masa adaptasi. Tapi jangan lupa untuk mengingatkan mereka kalau hari berikutnya sudah harus normal lagi dan bakal hectic banget sebagai gantinya.

Nah itu dia cara simple yang mungkin bisa bantu kamu mengembalikan semangat kerja tim di kantor. Buat yang tetep gak semangat, mungkin dia lelah.

Punya temen yang kayaknya perlu baca tulisan ini? Share ke mereka yuk!

Let's share and let others aware:
  • 1
    Share
No more articles