Dalam beberapa waktu ke belakang, Instagram telah menghadirkan fitur-fitur baru seperti Boomerang, Direct, Stories, Bookmark, Carousel, dan juga Live. Sebagai anak perusahaan, tentu saja Instagram akan ‘kecipratan’ fitur-fitur yang tidak jauh dari Facebook seperti Carousel dan Live.

Setelah Boomerang dianggap mencaplok aplikasi Phhhoto, fitur Stories dari Instagram juga dianggap mengkloning fitur utama dari Snapchat. Dan proses pengkloningan Instagram juga dianggap belum berhenti namun berlanjut kepada sticker.

Di sisi lain, beberapa hari lalu, Snapchat akhirnya memiliki teman seperjuangan yang baru. Setelah berhasil dengan fitur Bookmark, kali ini Instagram merilis Collection, fitur yangΒ berfungsi untuk menata konten yang telah dibookmark oleh user.

The Verge

Fitur ini memiliki kesamaan dengan “Board” a la Pinterest sehingga konten yang telah dibookmark akan tertata lebih rapih dan tetap private untuk si user, berbeda dengan Board di Pinterest yang dapat dilihat oleh pengguna lain.

Proses pengkloningan dari Instagram ini juga tentunya bukan tanpa dasar. Faktor utama lahirnya sebuah fitur cenderung lebih kepada bagaimana cara user menggunakan aplikasi tersebut. Semakin banyak yang menggunakan, akan semakin dikembangkan. “Whether Instagram entirely copies Pinterest’s collections will depend on whether users can eventually share their saved collections.” – Leena Rao, Fortune.com.

 

Sumber:Β FortuneΒ The Verge

Let's share and let others aware:
No more articles