Menganggur mungkin adalah hal yang sangat dinanti-nanti bagi sebagian orang saat menjelang sidang skripsi. Waktu kosong rasanya ingin diisi dengan liburan ke Bali atau tidur seharian. Mungkin memang nikmat untuk beberapa saat. Tapi kalau terlalu lama, akhirnya bosan juga!

Namun ternyata tidak banyak yang berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu singkat. Beberapa kali dipanggil interview, tapi tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya, kita mulai bertanya-tanya apakah diri kita layak atau tidak untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Bosan. Bosan. Bosan. Yang awalnya tidur jam 10 malam, sekarang tidur jam 10 pagi. Bangun dengan kepala pusing dan juga melihat update dari teman-teman yang memposting kegiatan mereka rasanya tidak nyaman di mata.

Tapi kita juga bisa melakukan kegiatan bermanfaat untuk mengisi waktu, menambah ilmu, bahkan mencari pemasukan sampingan sambil mencari pekerjaan. Berikut adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh kita yang masih belum mendapatkan pekerjaan:

  1. Lakukan kembali kegiatan lama

Untuk pemanasan, lakukan lah kegiatan tersebut secara terjadwal. Kalau kita senang menulis, coba untuk scroll Path/ Instagram/ Line dari atas ke bawah dan cari tau apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Tulislah beberapa judul atau topik secara acak dan pilih tiga yang paling mungkin untuk dibuat sebuah artikel. Kalau hunting foto, segera mandi dan berangkat! Kalau kita terbiasa untuk mengambil gambar dengan genrenature’, coba kali ini kita bermain dengan ‘people’ atau lainnya.

Lalu coba publish tulisan itu di beberapa platform seperti www.medium.com, www.prsuit.com, atau www.durrasi.com. Untuk foto, coba kirim foto tersebut ke beberapa media cetak. Siapa tau foto kamu sesuai dengan berita yang sedang ditulis.

  1. Hadiri seminar, workshop atau conference

Manfaatkan media sosial kita untuk mencari hal-hal berguna seperti info seminar, workshop, conference, job fair, atau event lainnya. Saat ini sudah banyak pertemuan-pertemuan diselenggarakan di berbagai event space. Ditambah lagi, dengan berjamurnya co-working space, event seperti itu semakin mudah ditemui. Coba untuk cari acara-acara workshop melalui media sosial milik co-working space di sekitar kita.

  1. Tambah ilmu melalui kelas-kelas khusus

Kelas-kelas khusus untuk kita yang ingin memiliki technical skill sekarang sudah banyak bisa ditemui. Mulai dari public speaking, floral arrangement, calligraphy, graphic design, hingga coding. Dan biasanya, kelas-kelas tersebut diselenggarakan di co-working space juga lho! Kita bisa cari kelas yang kita minati di akunnya Conclave, Crei8, Kolega, Coworkinc, atau langsung saja cek @lingkaran.co dan juga @maubelajarapa. Selain belajar, kita juga bisa punya kenalan baru juga!

  1. Daftarkan diri di online learning platform

Untuk yang lebih memilih stay di rumah, online learning platform mungkin adalah jawabannya. Selain bisa menghemat biaya operasional, kita juga juga bisa sambil santai melakukan hal lain karena proses belajarnya melalui sebuah video sehingga bisa play & pause kapanpun juga.

Untuk yang berasal dari Indonesia, ada www.IndonesiaX.co.id yang bisa menjadi pilihan utama. Pengajar-pengajarnya mulai dari dosen UI, CEO salah satu stasiun tv swasta, bahkan sempat ada kelas yang pengajarnya adalah dosen dari Harvard.

Untuk yang ingin berbahasa Inggris, bisa menuju ke alamat www.skillshare.com. Mulai dari yang berbau kreativitas hingga bisnis, akan diajarkan oleh mentor yang berpengalaman. Ada yang tau @trashand? Fotografer asal Chicago itu adalah salah satu mentornya!

  1. Ajak teman untuk membuat sesuatu

Kalau kita tidak sendirian, cobalah untuk ngobrol dengan sesama. Cari persamaan dan perbedaan apa saja yang dapat dikaryakan. Kita memiliki skill di Adobe Illustrator dan dia jago promosi? Bisa lahir mini-advertising-agency. Kita punya banyak mobil, dia punya banyak kenalan? Jadi rental mobil. Kita punya resep andalan dari nyokap, dia punya modal dan suka makanan? Jadi bisnis kuliner. Dan begitu seterusnya. Be creative!

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sambil menunggu job interview berikutnya. Jadi, jangan sampai besok masih gabut ya!

Berikan komentar dan pertanyaan di:

https://www.instagram.com/durrasi

https://www.facebook.com/durrasi

https://www.twitter.com/durrasimedia

Let's share and let others aware:
No more articles