Oke, kali ini kita akan bahas project tools dari Google yang bisa ningkatin produktivitas kamu dalam bekerja. Produk-produk ini gak cuman buat kamu sendiri, tapi bisa dimaksimalin untuk berkolaborasi sama kolega-kolega di kantor atau kampus.

Walaupun banyak tools lain yang beredar di dunia maya, tapi salah satu keuntungan menggunakan Google adalah kamu gak perlu lagi sign up di banyak tempat. Alias, data kamu gak bakal berserakan di berbagai perusahaan.

  1. Google Mail

Hampir semua aktivitas di dunia cyber memerlukan sebuah akun sebagai identitas. Dan pusatnya adalah e-mail. Google Mail ini akan jadi gerbang buat ningkatin produktivitas kita saat kerja. Lewat Google Mail, kamu gak cuman bisa surat-menyurat tapi bisa terhubung ke produk Google lainnya.

Transfer file lewat Google Mail juga sangat mungkin. Misalnya, buat file-file bersize kecil seperti dokumen hingga size besar seperti audio dan video. Tapi versi free nya hanya terbatas dengan kuota 15GB.

Untuk personal user dengan aktivitas transfer file yang gak terlalu besar, 15GB itu udah cukup banget. Kamu gak perlu produk lain buat nampung file. Tapi, kalau kamu mau ngecek attachment yang udah lama emang agak repot jadinya. Karena udah pasti kamu harus scrolling dulu dan open-close-repeat untuk nemuin file yang dicari.

  1. Google Keep

Setelah punya akun Google Mail yang multi-fungsi ini, kamu memerlukan sebuah to-do list supaya tugas-tugas gak ada yang terlewat. Tanpa harus sign up lagi, kamu cuman perlu buka Google Keep dari browser, atau bisa juga lewat mobile app-nya.

Google Keep bisa kamu maksimalin untuk nulis things to do berbentuk notes hingga checkbox. Kalau ada tugas yang udah selesai, tinggal di-check deh!

Kamu juga bisa pakai Google Keep untuk berkolaborasi. Maksudnya? Oke. Misalnya kamu [sociallocker]bekerja dalam sebuah tim. Kamu tinggal membuat things to do khusus untuk tim, terus invite kolega kamu (ada menunya) supaya mereka bisa masuk ke to-do list khusus tim yang udah kamu buat tadi.

Jadi kalian bisa sama-sama memantau mana tugas yang selesai dan belum.

  1. Google Drive

Produk ini adalah produk penyimpanan berbasis cloud buat pengguna yang mau menyimpan file di internet. Hubungannya sama kolaborasi apa?

Oke, masih di tim yang sama ya. Kalau kamu transfer file lewat Google Mail tapi ukurannya terlalu besar, file tersebut akan otomatis masuk ke Google Drive. Di cloud ini, kamu bisa menyimpan segala bentuk dokumen mulai dari teks hingga video dengan kapasitas yang lebih besar dari Google Mail.

Jadi kalau suatu saat kolega kamu ada yang membutuhkan file tertentu, bisa langsung masuk ke Google Drive dan cari file-nya disana. Kamu harus invite mereka dulu supaya bisa masuk ke file atau folder khusus tim yang udah kamu buat sebelumnya.

Kalau masih kurang besar kuotanya, kamu bisa pakai produk lain yang non-Google. Misalnya, WeTransfer. Ini jauh lebih simple karena kamu cuman perlu memasukkan e-mail kamu, upload file, lalu transfer the file!

Kenapa disarankan menggunakan Google Drive, karena lagi-lagi kamu gak perlu menyebar data ke tempat lain. Gak cuman itu, lewat Google Drive, kamu bisa berkolaborasi dengan kolega untuk mengerjakan sebuah dokumen.

  1. Google Sheet

Nah ini dia salah satu yang bermanfaat banget. Kamu pastinya sering menggunakan Ms Excel kan? Oke, sekarang bayangin ada sebuah file Excel yang lagi kamu kerjakan di laptop dan memerlukan kolega kamu juga untuk mengisi file. Nah, daripada dia nunggu kamu selesai lalu kamu kirim file tersebut dan dia baru mengerjakan, mendingan kamu upload file Excel tadi ke Google Drive.

Kalian bisa mengerjakan file tersebut bersamaan secara online. Bayangin, kalau kamu dan dia masing-masing memerlukan satu jam, berarti total pengerjaan adalah dua jam. Sementara kalau kamu upload ke Google Drive dan dikerjakan secara bersamaan selama satu jam, maka total waktu yang perlukan adalah…satu jam.

Sekarang, bayangin kalau ada 4 orang yang harus mengerjakan file tersebut dengan durasi pengerjaan masing-masing adalah satu jam. Berapa total waktu yang dibutuhkan kalau gak lewat Google Drive?

Dan gak cuman file Excel, tapi Word dan PowerPoint juga bisa!

  1. Google Calendar

E-mail sudah, to-do list sudah, storage sudah, dokumen sudah. Sekarang waktunya untuk jadwal.

Google Calendar ini bermanfaat banget buat scheduling meeting. Singkat cerita, kamu tinggal masuk ke Google Calendar, set up the meeting schedule, lalu invite para kolega. Di dalam Google Calendar udah tersedia fitur untuk inviting people. Dan secara otomatis, mereka akan menerima e-mail invitation dan juga notifikasi sesuai dengan waktu yang udah kamu tentukan.

 

Mau tau lebih lanjut? Tonton video ini:

 

Nah itu dia 5 produk Google yang bisa bikin produktivitas kita bertambah. Semua produk tadi juga punya aplikasi mobile-nya lho! Jadi, bisa dilakuin dari smartphone Android dan iOS!

 

Oiya, share tulisan ini yuk![/sociallocker]

Let's share and let others aware:
No more articles