“Sedikit demi sedikit menjadi banyak” dan “mulai dari sesuatu yang kecil” mungkin kalimat yang paling menggambarkan bahwa sesuatu yang banyak atau besar, dimulai dari sedikit atau kecil. Google dengan Googleplexnya tidak lepas dari masa-masa awal dimana Co-founders-nya mulai membangun raksasa dari sebuah garasi rumah. Begitu juga dengan Harley dan Davidson, Jobs dan Wozniak, dan beberapa lainnya.

Walaupun tidak berarti kita harus memulai usaha dari sebuah garasi, tetapi ini adalah daftar singkat beberapa perusahaan besar dengan ‘langkah kecil’ sebagai awal mulanya.

  1. Amazon

Jeff Bezos adalah pendiri Amazon.com pada tahun 1994. Awalnya, Amazon.com adalah sebuah online bookstore dan pada saat itu ia baru menjual buku pertamanya pada bulan Juli tahun 1995. Dan saat ini Amazon.com adalah salah satu online retailer terbesar didunia. Garasinya berada di alamat 10704 NE 28th, Bellevue, Washington.

  1. Apple

Pada tahun 1976, Steve Jobs (21) dan Steve Wozniak (26) memulai Apple Computers dengan menjual 50 unit Apple I Computer seharga $500/unit. Jobs, Wozniak dan tim kecilnya membuat 50 komputer dalam waktu 30 hari di sebuah garasi di Cupertino, California.

  1. Google

Sebagai lulusan Stanford, Larry Page dan Sergey Brin memulai sesuatu yang sangat dikenal saat ini dengan nama Google. Perusahaan tersebut berawal dari sebuah garasi milik Susan Wojcicki pada bulan September 1998. Garasi rumah tersebut beralamat di 232 Santa Margarita Ave, Menlo Park, California.

  1. Harley Davidson

William S. Harley, yang pada tahun 1901 sedang berumur 21 tahun, memiliki rencana untuk membuat mesin kecil yang dapat memberikan daya untuk sebuah sepeda. Sekitar dua tahun berikutnya, Harley dan teman masa kecilnya yaitu Arthur Davidson berhasil membangun sebuah sepeda bermotor di sebuah garasi kayu, di Milwaukee, Wisconsin.

  1. Hewlett Packard

Pada tahun 1939, Bill Hewlett dan Dave Packard mendirikan HP di garasi milik Packard dengan pendanaan awal sebesar $538. Produk pertama mereka adalah sebuah audio oscillator dan salah satu customer pertamanya adalah Walt Disney, yang membeli 8 buah oscillator untuk mengembangkan sound system dalam film Fantasia. Garasi ini terletak di Palo Alto dan dikenal sebagai tempat lahirnya Silicon Valley.

Itu tadi adalah 5 perusahaan besar yang berawal di sebuah garasi. Bagaimana dengan kamu? Dimana tempat perusahaanmu berawal? Apa langkah kecil pertamamu?

Source: Retireat21.com

Let's share and let others aware:
No more articles